Tue. May 17th, 2022

Samsung Galaxy Z Fold 3 Ponsel lipat Terbaik dan Tahan Air

Samsung Galaxy Z Fold 3 Lebih Murah Dibanding Versi Z Fold 2

Berryphones.Com – Samsung Galaxy Z Fold 3 dirancang untuk meyakinkan Anda dengan sebuah pesona ketika Anda datang ke konter hape untuk membeli ponsel masa depan yang dapat dilipat. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membawa pulang gagdget ini ada baiknya untuk membaca ulasan ini terlebih dahulu sebagai referensi agar tidak kecewa dikemudian hari.

Kabar baiknya bahwa kami telah sepenuhnya menguji Galaxy Fold 3 selama hampir dua minggu, dan ini menjadi ponsel lipat pertama yang dapat kami rekomendasikan kepada mereka yang biasanya menganggap diri mereka sebagai pengguna awal, tetapi melewatkan dua iterasi pertama dari Samsung.

Review Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 3

Kami telah mengevaluasi dengan cermat desain 2-in-1 yang familiar, mencoba melipat dan membuka layar fleksibel 7,6 inci hingga kami juga melakukannya dalam tidur kami untuk menguji ketahanannya dengan benar. Dan sebagai hasilnya, Versi ponsel lipat Samsung ini terasa lebih kuat dari dua pendahulunya: kali ini tahan air, sementara layar dalam berukuran tablet mini mampu bertahan dengan goresan stylus S Pen dan S Pen Pro baru.

Dukungan S Pen sangat masuk akal pada layar sebesar ini, dan itu adalah sesuatu yang diinginkan orang dengan kedua versi Fold sebelumnya. Anda bisa menggambar real estat di sini daripada di smartphone Galaxy Note mana pun, dengan nyaman dibandingkan dengan model tablet tradisional berukuran penuh yang harus disimpan di dalam tas. Sedangkan Galaxy Z Fold 3 bisa dilipat dan dimasukkan kedalam saku.

Ini mungkin mengubah cara Anda menggunakan hape dari hari ke hari, terutama jika Anda menggunakan S Pen namun sayangnya, stylus dijual terpisah dan tidak bisa diselipkan ke dalam ponsel. Ketidaknyamanan itu mungkin sedikit membuat kecewa bagi penggemar Note lama, bahkan jika kami menemukan stylus baru lebih besar dan lebih mudah digunakan daripada S Pen berukuran tusuk gigi.

Selain itu, Anda harus memutar balik ekspektasi kamera Anda: ini adalah kamera lipat lain yang bagus, tetapi tidak memiliki katangguhan zoom-in dibandingkan dengan Samsung Galaxy S21 dan Note 20 Ultra. Ada satu keunggulan kamera yang menonjol: kamera di bawah layar terlihat rapi tanpa punch-hole pada tampilan bagian dalam yang lebih mulus, meskipun terlihat jelas ada penurunan kualitas kamera sebesar 4MP.

Kabar menggembirakan juga karena Galaxy Fold 3 harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 2. Harga Z Fold 3 lebih murah daripada harga saat peluncuran Galaxy Z Fold 2, namun ponsel yang dapat dilipat masih jauh lebih mahal daripada smartphone kelas atas konvensional seperti Samsung Galaxy S21 Ultra atau iPhone 12 Pro Max.

Harga Fantastis Untuk Kelas Ponsel

Mulai dari Rp 25.7 juta untuk model dengan penyimpanan 256GB, sedangkan jika Anda menginginkan kapasitas ekstra, Anda bisa mendapatkan Galaxy Fold 3 512GB seharga Rp 27.2 juta. Sedangkan harga Z Fold 2 mulai dari Rp. 28.6 juta ketika pertama kali dirilis pada tahun 2020.

Desain Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy Z Fold 3 mempertahankan desain dan fungsionalitas seperti buku dari dua pendahulunya, dengan Cover Display 6,2 inci yang terbatas namun dapat digunakan di bagian luar ponsel yang terbuka untuk menampilkan layar 7,6 inci di bagian dalam. Dua layar, dan mekanisme engsel yang memungkinkan Anda untuk melipat dan membuka ponsel ini, digabungkan untuk desain gadget seluler yang paling memukau di tahun 2021.

Terlihat keren karena Anda dapat mengeluarkan ponsel dari saku Anda dan membukanya untuk tidak hanya menampilkan layar seperti tablet 7,6 inci, tetapi juga untuk menunjukkan bahwa Anda secara simbolis di depan sebuah ponsel dengan teknologi terbaru.

Samsung telah melakukan perbaikan pada engselnya, dan bahan yang digunakan lebih tahan lama daripada yang digunakan di semua ponsel lipat sebelumnya yang telah kami uji. Faktanya, Samsung mengklaim Z Fold 3 80% lebih kuat dari ponsel lipat sebelumnya; dan tentu saja, ada perbedaan mencolok saat Anda membuka ponsel, terutama jika Anda membandingkan dengan Gen 1.

Desain Z Fold 3 memang luar biasa, meskipun tidak selalu tampak praktis. Anda harus melupakan kenyataan bahwa Anda membayar mahal untuk membawa smartphone andalan paling tebal dalam beberapa dekade ketika ponsel tipis dan ringan saat ini jauh lebih murah. Ini sedikit lebih ringan dari Z Fold 2 dengan berat 271g, tetapi masih merupakan hape yang besar dan kuat.

Yang baru di Z Fold 3 adalah tahan air, dan kami mengujinya tanpa merusak unit ulasan kami yang sangat mahal. Kami bahkan membukanya di bawah air, namun, perlu diketahui bawah dengan peringkat IPX8-nya berarti Anda tidak akan dapat membawa ponsel ini ke pantai, karena tidak tahan debu. Sepertinya, butiran pasir masih akan menjadi sebuah kelemahan bagi ponsel lipat untuk beberapa waktu mendatang.

Tampilan Layar

Layar 7,6 inci seperti tablet Samsung dengan kecepatan refresh 120Hz terus menjadi nilai jual utama dari smartphone lipatnya. Dengan rasio aspek 24,5:9 yang lebar, Fold 3 telah menjadi sebuah pilihan untuk membaca eBook dan menjelajahi web di ponsel. Kolom di situs web sebenarnya muncul bersebelahan bukannya ditumpuk secara vertikal, dan bahkan Anda bisa menyelesaikan pekerjaan di spreadsheet tanpa merasa lelah.

Namun sepertinya Anda masih harus belajar untuk mengabaikan sebuah lipatan tengah yang masih terlihat dari layar AMOLED bagian dalam ini. Tapi kami menemukan itu mudah, karena kami dengan cepat terpesona oleh layar yang besar, dan apa yang ditawarkannya kepada kami dalam kasus penggunaan sehari-hari.

Anda bisa mendapat banyak kesenangan saat bermain game tanpa ganguan ibu jari menutupi seluruh tampilan ketika meraih kontrol di layar. Tampilan diperluas menjadi 6,2 inci ketika Z Fold 2 diluncurkan pada tahun 2020 karena umpan balik yang luar biasa pada Z Fold 1, menunjukkan dimensi yang sama di sini, terutama ketika Anda mencoba mengetuk tombol tipis dari keyboard Cover Display yang sempit, tetapi setidaknya rasio refresh layar telah ditingkatkan hingga 120Hz.

S Pen

Samsung menjual S Pen baru yang dirancang khusus untuk ponsel yang dapat dilipat ini. Sebenarnya, ada dua di antaranya: S Pen Fold Edition, dan S Pen Pro yang lebih besar, dengan Bluetooth for Air Actions dan pengisian daya USB-C.

Sementara dalam seri Note, S Pen disertakan dalam paket penjualan dan hanya berukuran sebesar tusuk gigi juga bisa ditempatkan di dalam bodi ponsel, aksesori S Pen baru ini dibeli secara terpisah dan ukuran lebih besar, sehingga tidak bisa diselipkan didalam ponsel lipat ini. Satu-satunya hal yang kami rasa kurang di sini adalah dukungan S Pen pada Cover Display. Samsung telah menyertakan memo screen-off-nya pada layar bagian dalam yang lebih besar, dan ide tersebut tampaknya cocok untuk Tampilan Sampul.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy Z Fold 3 cukup bagus, tetapi tidak inovatif; Anda akan puas dengan foto dan video yang sangat detail. Spesifikasi kamera mencerminkan apa yang kami dapatkan setahun yang lalu: kamera utama 12MP f/1.8, kamera ultrawide 12MP f/2.2, dan kamera telefoto 12MP f/2.4 yang mampu melakukan zoom optik 2x. Anda akan mendapatkan stabilisasi gambar optik di telefoto dan kamera ultra lebar pada perangkat baru ini, tetapi hanya sedikit yang berubah.

Z Fold 3 dapat mengambil foto yang tajam dan cerah dengan warna yang mencolok, seperti yang Anda harapkan dari hampir semua ponsel Samsung pada tahun 2021, tetapi setelah diperiksa lebih dekat, kami menemukan bahwa kamera utama S21 Ultra dari enam bulan yang lalu menangkap lebih banyak detail, seperti halnya iPhone 12 Pro Max dari hampir setahun yang lalu. Anda mungkin akanmenemukan perbedaannya jika Anda melihat hasilnya secara berdampingan atau memperhatikan detail dengan cermat.

Z Fold 3 menawarkan standar zoom optik 2x, yang terasa terbatas mengingat bahwa selama 18 bulan sebelumnya Samsung telah mengoceh tanpa henti tentang kamera Space Zoom di S21 Ultra, Note 20 Ultra S20 Ultra. Tentu, Zoom 100x terdengar berlebihan, tetapi foto pada 30x dan 10x dapat digunakan, dan Z Fold 3 tidak dapat malakukan itu meski harganya cukup tinggi.

Pengaturan kamera memang menyertakan satu trik seperti ruang angkasa. Ada kamera di bawah layar di layar utama 7,6 inci Galaxy Z Fold 3, dan lubangnya disembunyikan saat tidak digunakan. Ini tidak sepenuhnya tidak terlihat, tetapi pola crosshatch melakukan pekerjaan yang baik untuk membuat layar sedikit lebih samar.

Selama penggunaan sehari-hari Z Fold 3, kami telah menemukan bahwa pola crosshatch yang disebutkan di atas yang mengaburkan sebagian kamera tampilan interior menghilang dari pandangan saat Anda tidak menatapnya secara langsung, membuatnya tidak terlalu mengganggu.