Wed. May 11th, 2022

Desain iPhone 14 Tidak Akan Menggunakan Layar 120Hz

Tampilan dan Desain iPhone 14 Terbaru

Berryphones.com – Teknologi layar ponsel dengan refresh kecepatan tinggi atau pihak Apple menyebutnya ProMotion mulai digencarkan pada beberapa ponsel terbaru tak terkecuali iPhone yang juga telah mengaplikasikan layar 120Hz pada beberapa ponsel terbaru mereka. Namun para penggemar iPhone agak sedikit kecewa karena kemungkinan Desain iPhone 14 standar tidak akan mendapatkannya.

Meskipun Apple adalah salah satu perusahaan yang pertama kali membawa teknologi refresh layar kecepatan tinggi ke perangkat seluler pada iPad Pro 2017, namun kenyataannya justru produsen Android malah memimpin dalam memperkenalkan ponsel dengan teknoogi 90Hz dan 120Hz. Bahkan sekarang ini, tidak jarang kita bisa menemukan ponsel Android kelas menengah sudah mengaplikasikan teknologi refresh kecepatan tinggi.

Model dan Desain iPhone 14

Pihak Apple tampaknya tidak ingin terburu-buru untuk menjadikan fitur ini sebagai standarisasi pada ponselnya dan per kebocoran baru, hanya iPhone 14 Pro dan Pro Max yang akan memiliki teknologi ProMotion.

Kecepatan refresh adalah berapa kali gambar di layar diperbarui dalam satuan per detik. Sebagian besar ponsel memiliki layar 60Hz dan yang terbaru dengan tampilan 90Hz dan 120Hz membuat konten tampak lebih halus dan terasa lebih responsif.

Apple menyebut implementasinya ProMotion dan iPhone 13 Pro dan Pro Max tahun lalu adalah ponsel pertama yang mendapatkan teknologi tersebut. Tahun ini, perusahaan diharapkan untuk memperkenalkan dua model standar: iPhone 14 6,1 inci dan iPhone Max 6,7 inci, dan dua varian Pro: iPhone 14 Pro 6,1 inci dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci.

Pada awalnya, diyakini bahwa hanya Pro yang akan mendapatkan layar 120Hz, dan kemudian rumor mulai beredar bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk melengkapi Max dengan layar 120Hz juga. Baru-baru ini, dilaporkan bahwa keempat model akan memiliki panel 120Hz.

ProMotion Hanya untuk Veri Pro

Ross Young yang merupakan orang dalam di perusahaan tersebut telah meredam desas-desus itu. Dia mengklaim bahwa BOE, produsen layar China yang kemungkinan akan menyediakan layar untuk model non-Pro, tidak mampu menyediakan jenis layar OLED yang diperlukan untuk mengaktifkan kecepatan refresh dinamis saat ini.

IPhone 14 dan 14 Max diduga akan menampilkan panel silikon polikristalin (LTPS) suhu rendah. Model Pro, di sisi lain, mungkin akan mendapatkan teknologi polikristalin oksida (LTPO) suhu rendah yang memungkinkan layar ponsel untuk menyesuaikan kecepatan refresh sesuai dengan konten yang ditampilkan untuk memperpanjang masa pakai baterai. Samsung dan mungkin juga LG dikabarkan akan memasok panel LTPO, dan BOE akan memproduksi layar LTPS untuk seri iPhone 14.

Model Pro juga dikabarkan akan mengadopsi desain lubang dan guntingan pil sebagai gantinya pada layar. Varian ini juga dapat dilengkapi dengan sensor 48MP baru dan ini dapat membantu mereka mengalahkan ponsel kamera terbaik saat ini.

Tampilan iPhone 14 Pro Terbaru Dengan Potongan PIL dan Lubang ganda

Sekarang dapat dikatakan dengan cukup pasti bahwa iPhone iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang merupakan produk premium dari Apple berikutnya akan membuang takik pada layar yang mana sudah dimulai pada iPhone X 2017 dengan potongan berlubang.

Itu hanya sebagian dari misteri yang terpecahkan, karena, tidak seperti flagships Android, iPhone juga dilengkapi sistem ID Wajah kompleks yang membutuhkan banyak modul dan sensor. Ross Young, yang merupakan CEO dari Konsultan Rantai Pasokan Display, yang memiliki rekam jejak yang mengesankan dalam hal bocoran informasi, tampaknya tahu bagaimana Apple berencana untuk melakukan perubahan tersebut.

Pada bulan September tahun lalu, bocoran Twitter dari ShrimpApplePro, yang men-tweet dari @VNchocoTaco, membagikan gambar konsep yang memvisualisasikan seperti apa tampilan layar dari belakang. Young juga percaya bahwa seperti itulah bagian depan untuk model iPhone Pro, yang berarti potongan berbentuk pil di kiri tengah yang akan menampung kamera depan dan kamera inframerah, dan sebuah lubang melingkar yang akan memiliki titik proyektor.

Jika itu terdengar seperti banyak lubang, perlu diingat bahwa mereka masih akan mengambil lebih sedikit layar daripada takik. Jika bocoran informasi itu benar, hal itu tentunya menghentikan rumor baru-baru ini yang mengklaim Apple akan menempatkan perangkat keras ID Wajah di bawah layar.

ShrimpApplePro, yang pertama kali memberikan bocoran menjelaskan tentang desain, juga mengatakan jika Apple berhasil menempatkan sistem ID Wajah di bawah layar, itu hanya akan melakukan pekerjaan yang sama dengan kamera. Young berpikir bahwa kita seharusnya tidak berharap untuk melihat iPhone dengan kamera di bawah layar hingga setidaknya 2024, yang meskipun hal ini sama sekali bukan berita buruk, mengingat beberapa ponsel Android yang mengaplikasikan teknologi tersebut ternaya gagal membuat user terkesan.

Desain layar iPhone 14 Pro tidak hanya akan menjadi persilangan antara Galaxy S10 Plus, yang memiliki dua kamera berlubang, dan model Huawei dengan guntingan berbentuk pil, tetapi akan lebih seperti apa yang telah kita lihat.

Tahun ini dilaporkan akan diluncurkan dua model standar yakni iPhone 14 6,1 inci dan iPhone 14 Max 6,7 inci dan juga dua model yang versi Pro yakni iPhone 14 Pro 6,1 inci dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci. Model Pro dilaporkan akan menggantikan kamera utama 12MP versi saat ini dengan kamera utama 48MP. Seri ini kemungkinan akan ditenagai oleh chip A16 Bionic yang sedikit lebih kuat.

Mengingat betapa jarangnya Apple memperkenalkan perubahan desain dan sensor kamera baru, dapat diasumsikan bahwa sebagian besar penggemar akan menyukai ponsel baru dan menjadikannya salah satu smartphone teratas tahun 2022.