Wed. May 18th, 2022

Review Samsung Galaxy S22 Plus : Layar Lebih Kecil

Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Plus di Indonesia

Berryphones.com – Ponsel unggulan Samsung Galaxy S22 Plus memiliki tampilan yang sedikit retro, menjaga garis pada kamera dan meningkatkan standar daya.

Bahkan sekarang ini, kita dapat mengatakan bahwa trio ponsel dari Samsung Galaxy S22, Galaxy S22 Plus 5G adalah ponsel yang mungkin Anda inginkan.

Ukuran layar agaknya menjadi perbedaan yang paling mencolok antara Samsung Galaxy S22 Ultra 6,8 inci dan Galaxy S22 6,1 inci

Masing-masing ponsel Android baru memiliki keunggulannya (terutama zoom optik 10X Ultra dan S-Pen yang terintegrasi penuh) tetapi tidak satupun dari mereka mewakili peluncuran awal dari jalur yang ditetapkan Samsung tahun lalu dengan seri S21.

Untuk review kali ini, kami akan fokus pada S22 Plus. Namun, selain dimensi dan spesifikasi kecil di balik kap mesin, apa yang berlaku untuk S22 Plus juga berlaku untuk Galaxy S22 yang lebih kecil.

Harga Samsung Galaxy S22 Plus

Harga Samsung Galaxy S22 Plus mulai dari Rp 14.3 jutaan, dimana ponsel ini diluncurkan dengan penyimpanan 128GB dan memori 8GB.

Pilihan warna termasuk Phantom Black, Phantom White, Pink Gold, dan, favorit pribadi kami, Hijau.

Ada juga versi dengan memori 256GB yang berharga Rp 15 jutaan. Praorder dimulai pada 9 Februari dan perangkat mulai dikirimkan pada 25 Februari di AS, 3 Maret di Australia, dan 11 Maret di Inggris.

Sedangkan untuk Indonesia, kemungkinan masih menunggu sekitar satu bulan kedepan.

Tampilan

Pada resolusi 2340 x 1080, layar AMOLED memiliki piksel sedikit lebih kecil daripada S21 Plus, tetapi kerapatan pikselnya tidak akan jauh berbeda.

Galaxy S22 Plus mendukung kecepatan refresh variabel dari 10Hz hingga 120Hz. Ini berarti layar akan menyegarkan pada kecepatan yang lebih tinggi hanya jika diperlukan untuk bermain game, video, menggulir cepat melalui situs web dan dapat meredamnya ketika Anda hanya membaca teks di layar statis.

Manfaat yang jelas di sini adalah masa pakai baterai yang lebih baik.

Kami tidak memiliki cukup waktu untuk menguji sepenuhnya apa arti dari tingkat variabel untuk pengalaman penggunaan harian Anda,

Tetapi kami dapat melaporkan bahwa layarnya cerah, penuh warna dan tajam, dan halus seperti mentega saat Anda membolak-balik berbagai layar Samsung OneUI 4.1.

Di bawah layar terdapat pembaca sidik jari. Sensor ini lebih besar daripada di ponsel Galaxy sebelumnya, yang membuat register sidik jari di awal dan pembacaan selanjutnya lebih mudah dari sebelumnya.

Kami mendaftarkan satu ibu jari dalam waktu kurang dari 30 detik, dan menggunakannya untuk membuka kunci ponsel secara instan dan berulang kali. Kami bisa mendaftarkan lebih banyak angka jika kami mau.

Desain

Lekukan di bagian belakang sasis kaca dan aluminium masih ada, tetapi hanya sedikit, pada S21 kini hilang.

Bagian depan dan belakang Galaxy S22 Plus (dan S22) terbuat dari Gorilla Glass Victus Plus dan pada bagian dasarnya datar, juga kontur terangkat yang menampung tiga kamera ponsel hampir tidak berubah dari tahun lalu.

Terjepit di antara bagian depan dan belakang adalah bingkai “Armour aluminium”. Pita logam mengkilap yang membungkus body terasa hampir seperti kemunduran desain dari beberapa ponsel Galaxy S-series paling awal.

Ponsel ini terasa kokoh di tangan, keras namun tidak kaku, dan nyaman digenggam. Bagian terakhir itu mungkin karena Samsung sedikit mengecilkan ponselnya.

Sementara Galaxy S21 Plus berukuran 161,5 x 75,6 x 7,8 mm, Galaxy S22 Plus berukuran 157,4 x 75,8 x 7,8 mm.

Ya, itu membuat ponsel lebih tipis, lebih pendek, dan hanya sedikit lebih lebar dengan berat 196 gram, ponsel juga kehilangan beban sekitar enam gram.

Tidak ada hal lain tentang desain dan build yang membuat Anda tertarik. Tombol volume dan power pada dasarnya berada di tempat yang sama seperti sebelumnya.

Ada potongan yang mencolok di sepanjang satu sisi dalam bingkai logam untuk antena, dan tepi bawah memiliki kisi-kisi speaker (memiliki speaker stereo), port pengisian USB-C, dan slot SIM.

Secara keseluruhan, Galaxy S22 Plus memiliki peringkat IP68, yang berarti dapat bertahan lama dalam kedalaman beberapa meter air dan debu apa pun yang ingin Anda taburkan di atasnya.

Performa dan masa pakai baterai

Di AS, Samsung Galaxy S22 Plus memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 4nm Octa Core yang sama dengan lini S22 Plus lainnya, yang diklaim Samsung akan memberikan peningkatan kinerja dan grafis yang nyata di atas CPU lini S21.

Kami tidak dapat menginstal perangkat lunak pembandingan apa pun dan karenanya tidak dapat menguji klaim tersebut.

Di luar AS, pelanggan Samsung Galaxy S22 Plus akan mendapatkan CPU Exynos milik perusahaan, yang menjanjikan kinerja 4nm yang sama. Kedua chip dipasangkan dengan RAM 8GB, dan penyimpanan 128 atau 256GB.

Spesifikasi ini tidak berubah dari S21 Plus, dan kami bertanya-tanya mengapa tidak tersedia slot kartu microSD yang dapat diupgrade atau opsi untuk membeli setidaknya model 512GB.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda mungkin ingin membeli Samsung Galaxy S22 Plus daripada S22, ada beberapa spesifikasi utama.

Ukuran layar adalah satu, tetapi yang lain adalah akses ke jaringan yang lebih cepat, seperti WiFi 6E dan jaringan 5G Ultra-Wideband (UWB) baru Verizon dan AT&T baru-baru ini diluncurkan di AS. S22 memiliki WiFi 6 dan tidak ada UWB.

Ada juga baterainya dengan kapasitas sebesar 4.500mAh, S22 Plus memiliki baterai yang sedikit lebih kecil daripada S21 Plus (4.800mAh), tetapi lebih besar dari sel 3.700mAh S22.

Kamera

Layar ujung-ke-ujung itu memiliki satu lubang kecil untuk kamera depan 40MP – yang merupakan peningkatan dari kamera 10MP S21 Plus. Keduanya menawarkan bidang pandang 80 derajat dan aperture f/2.2 yang sama.

Kamera tidak menyertakan segala bentuk binning untuk menggabungkan 40 piksel tersebut, empat menjadi satu, untuk gambar 10 atau 12MP yang berpotensi lebih berkualitas.

Kami mengambil beberapa selfie dengannya, termasuk menggunakan mode Potret yang ditingkatkan, dan hasilnya sangat mengesankan.

Di bagian belakang S22 Plus terdapat tiga kamera: ultrawide 12MP dengan bidang pandang 120 derajat dan aperture f/2.2, f/1.8, sudut lebar 50MP (85 derajat), dan telefoto f/2.4, 10MP. dengan zoom optik 3x.

Zoom optik 3x telefoto sama efektifnya dengan S21 Plus. Masih memiliki zoom ruang 30X yang sama, yang menggunakan kombinasi zoom digital dan pemrosesan gambar untuk membuat Anda lebih dekat dengan subjek Anda.

Tentu saja, spesifikasi ini masih kalah dibandingkan dengan zoom optik 10x Samsung Galaxy S22 Ultra yang baru dan zoom ruang 100X, yang benar-benar mengejutkan kami.

Samsung Galaxy S22 Ultra dan S22 Plus zoom

Semua mengatakan, susunan kamera adalah peningkatan dari Galaxy S21 Plus, yang memiliki lensa lebar 12MP dan ultra lebar dan telefoto optik 3x 64MP.

Kami harus menunggu pengujian lengkap kami untuk melihat seberapa baik kinerja kamera S22 Plus dibandingkan dengan pendahulunya.

Kamera 50MP menggunakan teknologi tetra-binning baru Samsung untuk tidak hanya menggabungkan informasi empat piksel sekaligus menjadi keseluruhan yang lebih baik, tetapi juga menggabungkan informasi gambar tersebut dengan gambar asli beresolusi tinggi untuk hasil visual yang lebih baik.

Waktu pengujian kami yang singkat tidak memberi kami cukup waktu untuk mengambil berbagai macam bidikan, tetapi beberapa bidikan yang kami ambil terlihat bagus.

Teknologi pencitraan baru Samsung juga menjanjikan sesuatu yang disebutnya ‘Nightography.’ Ya, itu adalah kata yang benar-benar dibuat-buat, tetapi dalam praktiknya, teknologi tersebut dapat menjadi transformatif untuk cahaya rendah, malam hari, dan astrofotografi, dengan Samsung menjanjikan Anda tidak akan membutuhkannya.

Di sisi video, Samsung Galaxy S22 Plus siap merekam video hingga 8K pada 24fps dengan kamera belakang, dan video 4K, 60fps dengan kamera depan.

Kamera juga mendukung mode potret untuk video. Kami berharap dapat membandingkannya dengan video mode Cinematic iPhone 13 baru yang mengesankan dari Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published.