Wed. May 11th, 2022

Mengenal Tentang Skin OxygenOS: Jawaranya Skin Android

Apa itu OxygenOS dan Kenapa Semakin Populer

Berryphones.Com – OnePlus terkenal dengan perangkat keras yakni ponsel cerdasnya yang hebat, tetapi juga memiliki reputasi perangkat lunak yang luar biasa. Meskipun ada sedikit perubahan pada tahun 2021 selama perangkat lunaknya berjalan, Skin OxygenOS masih menjadi salah satu skin Android yang paling dihormati di pasaran.

Pada artikel ini, kami akan memberi Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang Skin Android OnePlus. Jika Anda berpikir untuk terjun ke ekosistem OnePlus, ini adalah bacaan penting. Bahkan jika Anda sudah menjadi penggemar OnePlus, mungkin ada beberapa info di sini yang bisa Anda gunakan!

Sekilas tentang Skin OxygenOS

Ketika OxygenOS pertama kali keluar, itu adalah angin segar yang merupakan permainan kata-kata yang dimainkan OnePlus secara signifikan. Pada tahun 2015, banyak skin Android yang bengkak dan berantakan. Namun, skin OnePlus sederhana dan halus, yang membuatnya menjadi hit dan bertahan sampai sekarang.

Selama bertahun-tahun, OnePlus telah menambahkan lebih banyak fitur ke skin yang mengurangi sedikit sifatnya yang sederhana. Namun, jika Anda menginginkan skin Android yang menjaga keseluruhan nuansa stok Android sambil tetap menghadirkan banyak fitur untuk pengguna yang kuat, ini adalah opsi yang bagus.

Keberhasilan Skin OxygenOS merupakan faktor besar dalam loyalitas merek perusahaan. Banyak penggemar OnePlus menolak untuk membeli dari perusahaan lain bukan karena perangkat kerasnya, tetapi karena mereka tidak ingin melepaskan OxygenOS.

Namun, mulai tahun 3032, OnePlus akhirnya mengubah skin Androidnya secara besar-besaran. Ke depannya, kode Core OxygenOS akan diintegrasikan dengan kode Color OS Oppo (Oppo adalah merek saudara OnePlus di bawah bendera BBK Electronics). Di satu sisi, integrasi ini akan menghasilkan pembaruan yang lebih cepat, lebih stabil, dan tahan lama. Di sisi lain, ini dapat mengubah tampilan, rasa, dan fungsi OxygenOS di beberapa titik di masa mendatang.

Versi terbaru dari Skin OxygenOS

Tidak seperti beberapa perusahaan lain seperti Samsung dan One UI-nya, OnePlus mendorong variasi OksigenOS yang berbeda ke ponselnya yang berbeda. Dengan demikian, nomor versi OS pada OnePlus 9 akan sedikit berbeda dari yang ada di OnePlus 8, yang juga akan berbeda dari OnePlus Nord 2.

Namun, semua varian ini berada di bawah versi Core yang sama, yaitu OxygenOS 11. Angka-angka yang akan muncul setelah nomor versi hanya penting untuk saluran telepon spesifik Anda, tetapi nomor 11 harus menjadi nomor pertama yang Anda lihat.

Versi stabil terbaru dari Oxygen OS adalah v11, berdasarkan Android 11

Versi perangkat lunak OnePlus sekarang cocok dengan versi Android yang terkait dengannya. Misalnya, OxigenOS 11 didasarkan pada Android 11. Versi OxygenOS yang akan kita lihat nanti pada tahun 2021 akan didasarkan pada Android 12, dan dengan demikian dikenal sebagai OxigenOS 12. Tidak mungkin untuk tidak mencocokkan versi, misalnya seperti memiliki OxygenOS 11 pada ponsel Android 10.

Cara memeriksa versi dan pembaruan menggunakan OxygenOS

Jika Anda tidak tahu versi OxygenOS mana yang ada di perangkat OnePlus Anda, Anda dapat dengan mudah memeriksanya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan Android dengan menemukan pintasan di laci aplikasi atau bayangan pemberitahuan Anda.
  • Gulir ke bagian bawah daftar dan ketuk bagian Tentang Telepon.
  • Di bagian About Telepon, Anda akan melihat Nomor Pembuatan Anda, yang merupakan versi OksigenOS Anda.

Jika Anda menjalankan OxygenOS versi lama, kemungkinan ada pembaruan sedangn menunggu Anda. Anda dapat memeriksa pembaruan software dengan cara berikut ini:

  • Buka Pengaturan Android dengan menemukan pintasan di laci aplikasi atau bayangan pemberitahuan Anda.
  • Gulir ke bagian bawah daftar dan temukan bagian Sistem.
  • Di dalam Sistem, temukan dan ketuk Pembaruan Sistem di bagian bawah daftar .OxygenOS akan memberi tahu Anda jika Anda sedangan menjalankan versi terbaru. Jika tidak, Anda akan mendapatkan petunjuk tentang cara mengunduh dan menginstal pembaruan.
  • Jika perangkat lunak Anda mutakhir tetapi Anda tidak memiliki Skin OxygenOS versi terbaru, itu berarti ponsel Anda belum menerima pembaruan. Mungkin juga HP Anda terlalu tua untuk mendapatkan pembaruan baru.

Sejarah Singkat Skin OxygenOS

Pada tahun 2014, OnePlus meluncurkan smartphone pertamanya, OnePlus One. The One adalah perangkat unik yang dilengkapi dengan versi komersial dari port Android buatan komunitas yang disebut CyanogenMod. Versi komersialnya disebut Cyanogen OS. Fakta bahwa sistem operasi One terhubung langsung dengan pembuat dan penggemar Android adalah alasan besar untuk hype awal ponsel.

Namun, orang-orang yang menjalankan Cyanogen Inc. membuat kekacauan besar bagi perusahaan. Ketiga perusahaan gulung tikar, OnePlus membutuhkan skin Android baru dan itu semua harus cepat ada dan akhirnya lahirnya Skin OxygenOS. Mungkin karena ini lah dinamakan OxygenOS yang berarti sesuatu sangat dibutuhkan untuk kehidupan.

Versi pertama dari perangkat lunak ini hadir pada tahun 2015 dan pada dasarnya tetap menggunakan OS Android dengan hanya sedikit perubahan. Ini masuk akal ketika Anda memahami seberapa cepat OnePlus menciptakan skin. Dan setiap kali versi baru muncul, OnePlus akan menambahkan lebih banyak fitur dan juga penyesuaian visual. Pada tahun 2017, perusahaan telah menemukan langkahnya dan OxygenOS mendapatkan sambutan hangat dan meyakinkan konsumen untuk mencoba ponsel OnePlus.

Khususnya, OnePlus sebelumnya memiliki skin yang hanya untuk negara asalnya, yakni China, yang disebut Hydrogen OS. Pada tahun 2021, OnePlus membawa Color OS, skin Android Oppo ke ponselnya di China. Tak lama kemudian, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan kode Core Color OS dengan OxygenOS. Ini adalah bagian dari ambisi kedua perusahaan yang lebih besar untuk lebih berintegrasi guna memperkuat posisi mereka di pasar. Hal ini kemungkinan akan mengakibatkan kedua skin tersebut menjadi semakin mirip seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.