5 Panduan Membeli Smartphone Baru

Smartphones

5 Panduan Membeli Smartphone Baru – Berryphone – Laju inovasi di dunia smartphone bergerak begitu cepat dan itu hampir menakutkan. Layar tampaknya akan tumbuh dengan begitu cepatnya, prosesor sudah quad-core (dan bahkan octa-core), dan semakin banyak ponsel berfungsi ganda sebagai remote TV. Itulah mengapa Anda perlu memilih dengan bijak saat berbelanja untuk sebuah handset.

Nah, pada kesempatan kali ini, sedikit berryphones.com akan memberikan panduan dalam membeli smartphone yang cocok bagi Anda untuk menghindari penyesalan dikemudian hari.

1. Pilih OS Anda

Sistem operasi dan perangkat lunak yang menggunakan smartphone adalah hal yang terpenting, karena mereka mendefinisikan pengalaman pengguna. OS juga menentukan jumlah dan kualitas aplikasi yang tersedia. Berikut rincian singkatnya:

Android

Sistem operasi Google Android telah menjadi platform yang paling dominan di dunia, dan untuk alasan yang baik. Beberapa pembuat smartphone telah mengadopsi platform Google dan sekarang menawarkan berbagai macam perangkat dalam beberapa ukuran dan di beberapa titik harga. Tapi pilihan bukan satu-satunya alasan Android dalam memimpin. OS adalah lebih disesuaikan dari iOS (untuk pengguna dan produsen), dan Google Store menyediakan banyak aplikasi seperti halnya Apple App Store, di lebih dari 700.000 judul.

Versi terbaru dari Android, Jelly Bean, memberikan upgrade yang lebih bagus lagi dimana Anda bisa belajar dari pencarian Anda untuk mengantisipasi kebutuhan Anda. Sementara itu, mitra Android seperti Samsung, HTC dan LG menambahkan nilai perangkat lunak Google dengan banyak fitur yang berguna, dari kamera dan multitasking penyempurnaan aplikasi yang mengubah ponsel Anda menjadi sebuah remote control TV. Untuk lebih lengkap baca di: Sistem Operasi Android 1.0 hingga 4.2

Apple iOS 7

Ada dua alasan Apple iOS masih begitu menarik terutama pada iOS 7: kesederhanaan dan aplikasi. Grid ikon sangat mudah digunakan dan siapa saja dapat mengambil iPhone dan mulai menggunakannya. Yang paling penting, Apple menawarkan lebih dari 775.000 aplikasi, dan perusahaan secara rutin mendapatkan aplikasi yang paling canggih (lihat Flipboard, Infinity Blade, Vine, Mailbox, dll)

Dan iOS 6 memberikan sambutan perbaikan lainnya, seperti integrasi Facebook, Passbook (yang kupon agregat, tiket dan lebih di satu tempat) dan Shared Streaming Photo. Aplikasi Maps yang terus membaik, tetapi masih jalan Google Maps. Siri dengan hanya menekan lama tombol home away, siap untuk menjawab segala macam pertanyaan, buku restoran atau memberitahu Anda siapa yang memenangkan pertandingan tadi malam.

Sementara kita suka iOS, ia menawarkan tampilan kurang dinamis dan nuansa dari Windows Phone, dan overlay Android seperti Samsung menyediakan akses lebih cepat ke pengaturan penting. Untungnya, ketika Apple tidak memutuskan untuk memberikan perangkat lunak baru, Anda tidak perlu menunggu selamanya untuk itu. Pemilik iPhone dapat men-download update langsung dari Apple tanpa berurusan dengan perantara atau jasa.Untuk data lebih lengkap silahkan baca di: Mengenal Sistem Operasi Apple

BlackBerry 10

BlackBerry OS baru dibuat khusus untuk multitasking bergerak. Hanya geser ke atas dari bagian bawah layar setiap saat untuk melihat semua aplikasi terbuka. Sorot lain adalah BlackBerry Hub, yang agregat segala sesuatu dari email dan BBM ke Facebook dan Twitter. Last but not least, keyboard didesain ulang memprediksi kata-kata dan memungkinkan Anda untuk mempercepat pengetikan.

Terkait app store, BlackBerry World, adalah awal yang kuat, melebihi 100.000 aplikasi lama setelah peluncuran. Anda akan menemukan berbagai pilihan judul populer, dari “Angry Birds Star Wars” dan The Weather Channel untuk Kindle dan Slacker. BlackBerry World juga mencakup banyak aplikasi yang telah porting atas dari Android, tapi masih kehilangan aplikasi utama seperti Pandora, Netflix dan Instagram.

Dalam kelemahan lain, spesifikasi ponsel BlackBerry 10 yang tertinggal satu generasi di belakang handset Android terbaru, baik dari segi ukuran layar dan prosesor. Lebih lengkap baca di: Mengenal Sistem Operasi BlackBerry

Windows Phone 8

Pilihan yang cocok untuk pemilik smartphone pertama kali dan orang tua, Windows Phone 8 menawarkan antarmuka ubin Hidup dinamis dan user-friendly yang memberikan update yang tepat untuk layar ponsel Anda. Anda dapat “pin” banyak hal pada layar ini untuk membantu menghemat waktu, dari orang-orang favorit Anda dan website untuk catatan penting dan playlist musik. Selain itu, Ada cara bagi orangtua untuk menjaga anak-anak mereka jauh dari konten dewasa.

Dan sementara toko aplikasi Windows Phone tumbuh (lebih dari 135.000 pilihan) dan terakhir ditambahkan Pandora, itu masih kurang lengkap seperti Instagram, Flipboard dan Temple Run 2.

Intinya: Dapatkan iOS jika Anda memprioritaskan kemudahan penggunaan dan aplikasi, Android jika Anda menginginkan kustomisasi dan lebih banyak fitur, BlackBerry untuk produktivitas yang lebih baik dan Windows Phone untuk pengalaman yang lebih menyenangkan dan pribadi. Selengkapnya di: Sistem Operasi Windows Mobile dan Windows Phone

2. Dapatkan Ukuran Layar Yang Tepat

Layar Smartphone terus semakin besar, tapi apa ukuran yang tepat bagi Anda? Pada titik ini, kita akan menghindari sesuatu yang lebih kecil dari 4 inci. Perangkat seperti 4-inch pada iPhone 5 dan 4,2 inci pada BlackBerry Z10 adalah satu yang ramah tangan sambil memberikan banyak real estate untuk menikmati aplikasi. Di ujung lain dari kontinum ukuran yang disebut phablets seperti Samsung Galaxy Note II dengan layar 5,5 inci. Ini lebih dari pengalaman dua tangan, yang dibuktikan dengan dukungan pena. Tetapi beberapa orang menemukan real estate tambahan sehingga berguna (untuk web surfing, menonton video, dll), mereka bahkan tidak memiliki kebutuhan untuk tablet.

Sweet spot baru untuk smartphone dengan cepat pada layar 4,5-5 inci, yang mana Anda akan menemukan handset seperti Samsung Galaxy S4 dan HTC One. Anda harus meregangkan ibu jari Anda sedikit untuk mencapai keempat sudut layar, tetapi ponsel ini menyeimbangkan portabilitas dengan ukuran ekstra pengguna mendambakan game dengan baik, menonton film dan bahkan hanya mengetik pada keyboard yang lebih besar.

Intiny: Ukuran layar sangat subyektif, sehingga menempatkan smartphone di tangan Anda sebelum Anda membeli, untuk memastikan kedua mata Anda dan jari-jari Anda akan merasa cocok.

3. Tahu Specs Apa yang Anda Butuhkan

Konsumen lebih peduli pengalaman pengguna dan apa yang dapat telepon lakukan bagi Anda selain jenis prosesor yang dimiliki, tapi itu tidak berarti spesifikasi tidak penting. Misalnya, prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 600 akan memberikan kecepatan yang lebih banyak untuk game, multitasking dan lebih daripada akan sebuah chip dual-core. Prosesor Nvidia Tegra 4 juga menjanjikan kinerja yang bagus.

Dalam hal memori, 2GB RAM telah menjadi standar pada ponsel yang lebih tinggi, seperti memiliki storage 16GB. Jika Anda peduli tentang upgrade, pilih untuk handset dengan slot kartu microSD. Jika anda berencana untuk menembak banyak video HD atau men-download banyak game 3D dan film, Anda bisa pilih dengan 32GB RAM, terutama jika ponsel yang tidak memiliki slot kartu.

Jangan tertipu oleh klaim megapiksel yang besar. Sementara kamera 12 MP harus memberikan lebih detail dari model 5-MP, pada akhirnya ukuran sensor dan kualitas lensa akan memainkan peran lebih besar dalam menentukan seberapa besar foto-foto terlihat. HTC One, misalnya, pada dasarnya hanya  4-MP tapi menangkap 300 persen lebih ringan dari ponsel pesaing, memberikan Anda foto lebih terang. Juga, perhatikan fitur-fitur khusus. Misalnya, Galaxy S4 dapat menembak dengan menggunakan bagian depan dan kamera belakang pada saat yang sama.

Intinya: Ponsel Android cenderung memiliki spesifikasi paling canggih, diikuti oleh iPhone. Windows Telepon dan BlackBerry 10.

4. Perhatikan Battery Life

Apa yang baik dari smartphone bertenaga tinggi yang kehabisan daya saat makan siang? Berdasarkan ujicoba LAPTOP Battery Test, yang melibatkan kontinu 4G berselancar di Web dengan kecerahan 40 persen , telepon rata-rata berlangsung 6 jam. Itu bagus, tapi Anda akan melihat beberapa handset mampubertahan hingga 7,5 jam terakhir atau lebih. Sebagai contoh, Motorola Droid RAZR Maxx HD, yang memiliki 3.300 mAh baterai besar, berlangsung 8 jam dan 13 menit pada pengujian. Galaxy Note II, yang memiliki baterai 3.100 mAh, berlangsung selama 10 jam dan 12 menit.

Intinya: Lihatlah rating mAh untuk baterai, tetapi hal yang paling penting untuk dilakukan adalah melihat nilai baterai kehidupan kita.

5. Dapatkan Fitur Khusus Terbaik

Dalam perlombaan smartphone baru, desainer ingin memberikan fitur-fitur khusus yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal dengan telepon Anda dimana Anda tidak bisa sebelumnya. Sebagai contoh, Samsung Galaxy S4, LG Optimus G Pro dan HTC One semua dapat digunakan sebagai remote TV, karena mereka mengintegrasikan blaster IR dan aplikasi khusus. Samsung berjalan satu mil ekstra dengan Galaxy S4, menawarkan Air Gestures baru, kesehatan dan aplikasi penerjemahan, dan kemampuan untuk menyiarkan lagu yang sama ke beberapa S4S bersamaan.

Sementara itu, iPhone memiliki asisten Siri pribadi, bersama Streaming Foto dan FaceTime, Apple layanan video chat. Windows Nokia menawarkan kamera PureView, yang memberikan kinerja cahaya rendah tak tertandingi, dan City reality app Lens augmented. HTC calo Beats Audio nya untuk kedua ponsel Android dan Windows.

Intinya: Kerjakan pekerjaan rumah Anda sambil mempelajari perbedaan antara fitur berguna yang akan Anda temukan dan yang Anda akan mengabaikan setelah beberapa hari.

Nah, dengan membaca 5 Tips Membeli Smartphone Baru kali ni, diharapkan Anda tidak akan kecewa dalam menentukan gadget pilihan Anda dikemudian hari sesuai dengan kebutuhan.

You must be logged in to post a comment Login