Tips Menghemat Baterai Android

hemat batery android - Berry Phone
Tips Menghemat Baterai Android – Kita semua mengetahui bahwa smartphone yang menggunakan OS Android belakangan ini memang lagi sedang menduduki tahta pasar gadget. Banyak para user yang selalu berlomba untuk mendapatkan update dari gadget yang menggunakan OS Android karena bermacam fitur canggih yang ditawarkan semakin lebih baik. Banyak juga para pengguna yang lupa dan menginstal banyak aplikasi yang berakibat daya tahan baterai bisa cepat habis. Terlebih untuk pengguna yang masih baru yang masih mencoba beberapa fitur yang ditawarkan.
Nah, untuk Anda yang mungkin kaget dengan borosnya bateray pada smartphone ber OS Android ini, mungkin ini adalah bacaan yang tepat buat Anda, karena dalam topik kali ini, kami akan memberikan beberapa Tips Menghemat Baterai Android. Dengan beberapa tips dan cara yang akan kami berikan ini, diharapkan umur baterai  anda akan lebih awet dan tahan lama. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari satu demi satu apa saja tips tersebut.

1. Kurangi kecerahan pada layar

Bukan cuma hanya di Android saja, tetapi hampir semua perangkat elektronik yang menggunakan cahaya akan menguras tenaga pada bateray. Untuk itulah, konsumsi daya pada layar memang paling tinggi di antara aplikasi yang lainnya. Langkah terbaik adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar tersebut dengan cara Buka Brightness —> Pengaturan —> Tampilan.  Untuk meminimalisir penggunaan Daya bateray, Anda bisa bisa mengatur level brightness ke level terendah.

2. Background

 

Cara kedua untuk menghemat energi pada baterai adalah dengan memilih latar belakang desktop yang berwarna hitam. Kenapa demikian, karena seperti kita ketahui bahwa warna dominan gelap akan sedikit membutuhkan daya untuk dikonsumsi. Hal ini juga dapat membantu untuk menghemat umur penggunaan baterai Android.

3. Matikan WiFi

Mungkin Anda juga telah mengetahui bahwa setiap penggunaan aplikasi tentunya membutuhkan konsumsi energi. Begitu pula dengan penggunaan WiFi. Nah, tentunya Anda tidak mungkin untuk selalu Online dan tidak disemua tempat, terutama di Indonesia memiliki jaringan nirkabel ini. Jadi untuk menghemat baterai android anda adalah dengan mematikan WiFi saat tidak digunakan karena WiFi merupakan salah satu yang membutuhkan energi yang cukup tinggi.

4. Matikan Bluetooth

Bluetooth merupakan sebuah protokol nirkabel untuk pertukaran data dengan jarak pendek seperti yang telah kami jelaskan pada posting sebelumnya, yaitu tentang jaringan pada sistem operasi. Sensor Bluetooth juga mengkonsumsi energi baterai yang relatif banyak. Jadi ketika Anda telah selesai melakukan transaksi data, jangan lupa untuk selalu matikan bluetooth, dan periksa kembali apakah bluetooth sudah benar benar dimatikan. Hal ini kami tegaskan lagi karena kebanyakan kita lupa untuk mematikannya.

5. Matikan GPS

Sama halnya dengan WiFi dan GPS, penerima data melalui GPS juga mengkonsumsi energi yang tidak sedikit saat GPS diaktifkan. Pastikan untuk mematikan aplikasi GPS  ketika Anda sudah tidak lagi menggunakannya.

6. Hindari sinkronisasi

Sinkronisasi atau juga biasa disebut dengan pencarian aplikasi dengan kontak teratur tetap dengan sistem lain melalui Internet. Misalnya, untuk mengirim pesan untuk mendownload atau mengirim. Setiap kali sinkronisasi berlangsung, Internet mengkonsumsi daya baterai yang cukup banyak. Lakukan singkronisasi hanya ketika Anda sedang membutuhkan dan hindari jika itu tidak diperlukan.
Tips Menghemat Baterai Android1

 

7. Matikan koneksi Internet

Pada era yang semakin maju ini, tidak ada lagi yang tidak mengenal internet. Hampir semua kalangan membutuhkan koneksi untuk online. Nah, seperti pada penjelasan di atas, penggunaan internet memang cukup menguras energi baterai. Untuk itu, setelah Anda tidak membutuhkan koneksi Internet, segera matikan koneksi data untuk menghemat baterai Android Anda.

 

8. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan

Karena setiap aplikasi dalam proses latar belakang dapat menjalankan sinkronisasi, jadi, langkah yang tepat untuk menghemat baterai adalah dengan menhapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Selain ruang storage pada smartphone Anda menjadi lebih lega, hal ini juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk menghemat baterai Android.

 

9. Hindari Background animasi atau gambar gerak (GIF)

Penggunaan background atau latar belakang animasi atau gambar gerak (biasanya file yang berextension GIF) menggunakan CPU dan chip grafis. Hal ini jelas membuat penggunaan daya lebih banyak dan konsumsi energi yang tidak perlu juga terjadi. Untuk menghemat daya tersebut, sebaiknya hindari penggunaan gambar animasi pada latar belakang smartphone Anda

10. Gunakan Fitur Laporan “Battery Use” pada Android

Anda dapat mengontrol penggunaan daya pada baetrai Android anda dengan menyalakan aplikasi laporan penggunaan baterai dengan cara Settings –> Device Info –> Battery use. Nah, disana Anda dapat mengetahui aplikasi mana saja yang mengkonsumsi baterai paling banyak.
Beberapa tips yang kami berikan di atas, pada umumnya bisa juga digunakan untuk smartphone lainnya seperti BlackBerry. Namun tentunya ada aplikasi lain dalam setiap sistem operasinya yang sedikit berbeda jika sudah berbicara tentang setingan. Untuk itu, kami akan terus memberikan pada smarphone lainnya pada kesempatan yang akan datang. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan update informasi dari kami, Anda bisa menjadi teman Kami dengan cara bergabung pada FB Funpage Berry Phone.

You must be logged in to post a comment Login