Mengenal Sistem Operasi BlackBerry – BlackBerry Os

sistem operasi - Berry Phone
OS (Operating System)  – Sebelum kita membicarakan tentang OS yang digunakan oleh BlackBerry dan smartphone lainnya, mengawali artikel tentang sistem operasi ini sedikit kami memberikan pengertian tentang OS atau sistem operasi yang sering digunakan pada smartphone. Sistem operasi adalah komponen perangkat lunak infrastruktur dasar sistem komputerisasi. Dia mengontrol semua operasi dasar komputer (atau perangkat elektronik lainnya seperti PDA, smartphone, dll). Sistem Operasi memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menjalankan aplikasi pihak ketiga (biasa disebut aplikasi pendek), biasanya menambahkan fungsi baru ke perangkat.
Di antara yang paling populer sistem operasi komputer Microsoft Windows dan Apple Mac OS, bersama dengan berbagai distribusi Linux.

Sistem operasi Yang paling populer adalah OS untuk perangkat mobile (smartphone dan tablet), yaitu Apple iOS dan Google Android dan mereka adalah satu-satunya yang masih menunjukkan pertumbuhan. Turun dari peringkat ttersebut erdapat RIM BlackBerry OS dan Microsoft Windows Phone. Symbian memiliki tempat kelima (akan kami ulas pada posting selanjutnya), sementara hanya setahun yang lalu itu masih yang paling banyak digunakan OS mobile.

Symbian memegang posisi teratas selama bertahun-tahun, namun pangsa pasarnya telah perlahan-lahan memudar sejak smartphone layar sentuh yang dioperasikan menjadi tern dan Symbian gagal untuk memberikan sentuhan UI yang intuitif. Hampir sepuluh tahun yang lalu, Microsoft Windows Mobile adalah pemain yang kuat juga, menawarkan pengalaman pertama smartphone touchscreen dengan PocketPCs didukung oleh OS mereka.
Perangkat mobile saat ini dengan OS yang tepat disebut smartphone dan pengguna memiliki berbagai pilihan aplikasi, seperti game, aplikasi produktivitas, komunikasi atau aplikasi media sosial, peta digital, dll
Platform sistem operasi standar memungkinkan untuk menyediakan interface user yang konsisten di perangkat dari produsen hardware yang berbeda. Namun, produsen smartphone Android ingin menyesuaikan pengalaman pengguna sehingga setiap menawarkan sedikit versi modifikasi dari saham Android UI.
Sementara pemain utama hari ini adalah jelas, selama bertahun-tahun kita telah melihat munculnya berbagai proyek OS mobile, termasuk namun tidak terbatas pada webOS Palm, Samsung Bada OS, Nokia Maemo OS, Nokia MeeGo OS, LiMo OS, Tizen, Playbook BlackBerry OS dan baru-baru, para Jolla Sailfish OS dan Mozilla Firefox OS.

BlackBerry OS

BlackBerry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk lini BlackBerry smartphone.
Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk lingkungan komunikasi perusahaan, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi email, kalender, tugas, catatan, dan kontak.
Versi saat ini dikerahkan termasuk BlackBerry Device Software v5.0, BlackBerry 6 OS, dan BlackBerry 7 OS.
OS BlackBerry 10 adalah sistem operasi berbasis QNX, mirip dengan yang ditemukan pada tablet Playbook RIM. Ini akan menggantikan OS BlackBerry smartphone dan tablet pada tahun 2013.

BlackBerry Playbook OS

BlackBerry Playbook OS dikembangkan oleh Research in Motion (RIM) untuk tablet PlayBook nya. Hal ini didasarkan pada Neutrino sistem operasi real-time QNX dirancang untuk berjalan pada Adobe AIR dan aplikasi BlackBerry WebWorks.
Sistem Operasi ini telah diterima secara benar dan baik oleh pengulas di seluruh dunia meskipun fitur kurang, dalam rilis asli. Di kemudian hari, sebagian besar dari tersebut telah ditambahkan dan OS bahkan mendapat app Android sebagai peluncur native (meskipun dukungan app agak terbatas).
Playbook OS sudah tidak dianggap sebagai evolusioner terahir karena tidak ada generasi baru tablet yang dirilis oleh RIM.
Namun, usaha terbaru RIM – BlackBerry OS 10 – juga sama didasarkan pada QNX dan itu akan menggantikan BlackBerry OS yang lama pada smartphone di 2013.

webOS

WebOS adalah sistem operasi proprietary, berdasarkan kernel Linux, dan dikembangkan oleh Palm untuk generasi terakhir atas smartphone.
Yang pertama, perangkat WebOS adalah Palm Pra asli, dirilis oleh Sprint di Amerika Serikat pada Juni 2009.
WebOS menawarkan beberapa fitur UI yang inovatif, yang mendapatkan banyak popularitas. Sayangnya, platform tidak memberikan Palm traksi yang dibutuhkan di pasar smartphone.
Pada tahun 2010, HP mengakuisisi Palm dan kemudian tahun 2011 merilis tablet menggunakan OS – HP TouchPad. Setelah beberapa perubahan restrukturisasi, diputuskan bahwa HP tidak akan lagi mengembangkan webOS dan proyek TouchPad ditinggalkan.
Kemudian HP merilis versi open source dari OS WebOS yang disebut Open.

Bada OS

Bada OS adalah sistem operasi proprietary untuk smartphone, yang dikembangkan oleh Samsung dan disajikan pada tahun 2009. Pertama Bada ponsel adalah Samsung Wave yang diluncurkan pada tahun 2010.
Samsung menggunakan OS Bada bersama OS Android dan Windows Phone, namun pada tahun 2012 pengembangan smartphone baru menggunakan Bada telah diam-diam dihentikan dan mendukung OS Android yang lebih populer.
Samsung memasarkan semua perangkat Bada di bawah nama merek WAVE, mirip dengan bagaimana semua perangkat Android mereka dicap dengan nama Galaxy.

MeeGo OS

MeeGo adalah sistem operasi berbasis Linux open source untuk smartphone dan tablet, awalnya dikembangkan oleh Nokia dan Intel sebagai penerus umum Mobile OS Maemo dan proyek mereka.
MeeGo ditujukan untuk berjalan pada berbagai platform perangkat keras dan mendukung kedua ARM dan prosesor x86 Intel.
MeeGo menggunakan beberapa interface user tergantung pada perangkat itu berjalan. MeeGo OS v1.2 Harmattan dirancang untuk smartphone dan melihat cahaya hari pada produk seperti Nokia N9 dan perangkat Nokia N950 dev.
Nokia meninggalkan proyek MeeGo pada awal 2011 dan perkembangannya diserahkan kepada komunitas open source, Linux Foundation dan Intel. Pada bulan September 2011, bagaimanapun, Linux Foundation dan Intel membatalkan MeeGo mendukung Tizen OS.
Sebuah perusahaan asal Finlandia baru yang disebut Jolla mengumumkan pada 2012 bahwa itu siap untuk melanjutkan pengembangan cabang Meego (Mer), untuk mengembangkan sebuah sistem operasi baru yang disebut Sailfish OS, dan meluncurkan smartphone pada tahun 2013.
Nah, itulah tadi sedikit tentang Mengenal Sistem Operasi BlackBery – BlackBerry Os dan beberapa OS lainnya yang sering kita jumpai pada perangkat smartphone di sekitar kita. Untuk OS Android dan iOS Apple akan kita ulas pada artikel selanjutnya.

You must be logged in to post a comment Login