Tue. May 17th, 2022

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Paling Praktis

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Paling Praktis

Berryphones.com – Bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu sd paling simple untuk pengguna Android dan iOS terutama untuk xiaomi, oppo, vivo atapun samsung?

Hal ini penting buat Anda para pengguna smartphone yang sering mendapatkan notifikasi tidak bisa menginstal aplikasi karena memory penuh. Ini bisa terjadi kepada siapapun, terutama untuk yang memiliki HP dengan kapasitas penyimpanan internal kecil.

Ataupun juga karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada hp tersebut, namun semua aplikasi itu penting dan Anda tidak ingin menghapusnya dari hp Anda.

Sebagai bahan catatatn sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara memindahkan Aplikasi ke karti SD, kita tengok dulu apa itu aplikasi.

Aplikasi adalah sebuah program perangkat lunak pada perangkat keras atau hardware PC atau HP yang berguna untuk mengerjakan suatu tugas khusus sesuai dengan perintah.

Sedangkan kartu SD merupakan kartu memory tambahan atau external yang berguna sebagai ruang penyimpanan data dan bersifat flexksibel atau bisa dilepas.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Pada HP Android

Untuk dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD pada hp android, hal pertama yang harus Anda pahami adalah HP anda memiliki dukungan untuk penambahan memori eksternal.

Biasanya slot kartu SD ini terletak berdampingan dengan kartu SIM, namuan ada juga beberapa HP yang memiliki slot bergantian dengan SIM card ke 2 atau juga memiliki slot tersendiri.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Xiaomi 12

Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa SD card sudah terpasang dengan benar dan terbaca oleh sistem HP anda. Juga memiliki ruang ksosong yang cukup atau lebih besar dari ukuran file Aplikasi yang akan Anda pindahkan.

Cek Aplikasi Bisa dipindah Atau Tidak

Sebelum memulai memindahkan aplikasi ke kartu SD, ada beberapa langkah awal untuk mengecek apakah aplikasi tersebut memang bisa dipindah atau tidak.

Karena ada beberapa aplikasi yang memang harus berada pada internal memory seperti contohnya adalah aplikasi bawaan HP itu sendiri. Selain itu aplikasi bukan bawaan juga terkadang membutuhkan internal memori yang tersinkron langsunh ke sistem.

Jadi silahkan lakukan pegecekan awal dengan cara membuka pengaturan pada smartphone Anda. Pada halaman ini, silahkan Anda menuju ke bagian Manajemen Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda cek.

Proses selanjutnya silahkan cari Penyimpanan dan pilih tombol penyimpanan tersebut. Jika pada aplikasi tersebut tidak meuncul menu Ubah, berarti aplikasi tersebut memang tidak bisa untuk Anda pindah ke Kartu SD.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Tanpa Aplikasi

Ada beberapa Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD seperti dengan menggunakan aplikasi tambahan dan juga tanpa aplikasi. Untuk Anda pengguna Android minimal 6.0, Anda bisa langsung memindahkannya tanpa bantuan pihak ketiga.

Namun, cara ini baru di uji pada beberapa HP seperti Xiaomi, Samsung, Oppo dan juga Realmi untuk versi terbaru minmal Android Marsmalow.

Cara Pertama

Jika SD Card sudah terpasang dan terbaca, silahkan langsung pindahkan aplikasi dengan cara seperti berikut:

  1. Pada menu setting, silahkan buka halaman storage atau bahasa Indonesianya Penyimpanan.
  2. Pada halaman selanjutnya silahkan pilih Kartu SD yang Anda gunakan saat ini.
  3. Lihat bagian pojok kanan atas ada garis tiga (MENU) dan ketuk menu tersebut dan silahkan pilih menu Setelan Penyimpanan.
  4. Lanjut dengan pemformatan dengan memilih Format Kartu SD dan rubah menjadi Format Sebagai Internal. Proses ini memerlukan waktu, jadi silahkan tunggu beberapa saat.
  5. Jika Sudah selesai, Anda bisa langsung memindahkan Aplikasi ke memori ekternal yang telah berubah menjadi internal.

Cara Kedua

Jika dengan cara di atas tidak bisa, mungkin karena HP Anda menggunakan versi lain. Silahkan coba cara kedua di bawah ini. Namun cara ini tidak berlaku untuk HP yang menggunakan OS Android versi 10 dan versi terbaru.

  1. Pada menu setting, silahkan Anda pilih menu aplikasi atau APPS
  2. Selanjutnya silahkan Anda pilih aplikasi yang ingin Anda pindah ke kartu SD.
  3. Menu selanjutnya pilih Ganti penyimpanan dan Silahkan Anda pilih Kartu SD supaya aplikasi berpindah.

Proses di atas membutuhkan sedikit waktu untuk pemindahan file, jadi silahkan tunggu sampai transfer data tersebut selesai.

Sebagai catatan, saat proses pemindahan ini berlangung, baik cara pertama maupun kedua, jangan melepas kartu SD sampai benar benar proses berhasil.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Dengan Aplikasi Tambahan

Selain kedua cara di atas, Anda bisa lebih mudah jika menggunakan aplikasi tambahan sebagai alat untuk memindahkan aplikasi ke SD Card.

Baca Juga: Aplikasi Perekam Layar HP Terbaik

Beberapa aplikasi pemidah file ini tersedia di playstore seperti App2SD & App Manager, APPS2SD Easy-Clen, Pindah Ke Kartu SD dan juga Link2SD.

Memindahkan Aplikasi Dengan Link2SD

Nah kali ini kita coba gunakan aplikasi Link2SD sebagai cara memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD untuk HP Android. Caranya cukup mudah, dan silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

  1. Pertama silahkan download dan instal alikasi Link2SD di playstore.
  2. Lanjut buka aplikasi tersebut dan akan muncul daftar aplikasi yangterinstal di HP anda.
  3. Pilih aplikasi yang akan Anda pindah ke memori external.
  4. Setelah memilih, anda akan menemukan tombol MOve to SD Card dan klik tombol ini dan lanjut ketuk OK.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses pemindahan aplikasi ke kartu SD Anda.

Memindahkan Aplikasi Dengan AppMGR III

Cara selanjutnya untuk memidahkan aplikasi ke Katsu SD dengan menggunakan pihak ketiga yakni AppMGR III. Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu di playstore dan instal sampai selesai.

Setelah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan lihat pada ikon aplikasi. Jika Anda menemukan ikon Kartu SD pada aplikasi tersebut, maka berarti apalikasi tersebut bisa dipindahkan.

Begitu juga sebaliknya, apabila Anda tidak menemukan ikon kecil SD Card pada aplikasi, maka aplikasi tersebut memang tidak bisa Anda pindah ke kartu SD.

Untuk memidahkan aplikasi silahkan pilih menu Moveable yang mana pada halaman ini Anda hanya akan melihat aplikasi yang dapat Anda pindahkan.

Lanjut dengan memilih aplikasi yang akan di pindah dan ketuk Pindahkan ke Kartu SD. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Itulah cara memindahkan APlikasi ke Kartu SD tanpa aplikasi tambahan dan juga dengan menggunakan aplikasi tambahan yang lebih praktis dan mudah.

Jika Anda punya pengalaman lain dalam proses pemindahan aplikasi ke external memory, silahkan bagikan pengalaman Anda melalui form komentar ya.