Wed. May 18th, 2022

Gangguan Sinkronisasi iCloud Pada Aplikasi Pihak ketiga

Terjadi Gangguan Sinkronisasi iCloud Pada Aplikasi Populer Pihak Ketiga

Berryphones.com – Sebuah perbincangan yang lagi ramai terjadi diforum pengembang terkait masalah gangguan sinkronisasi iCloud pada aplikasi pihak ketiga. Hal ini semakin viral karena menurut mereka Apple masih tetap diam dan belum menjelaskan secara terbuka.

Selama beberapa bulan terakhir, terjadi masalah sinkronisasi dan tugas lainnya dengan iCloud telah muncul yang memengaruhi banyak aplikasi popular pihak ketiga yang mengandalkan cloud Apple. Apple belum secara terbuka mengakui masalah ini, tetapi beberapa pengembang dilaporkan telah dihubungi secara pribadi oleh perusahaan untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah masalah server iCloud yang memengaruhi aplikasi mereka daripada masalah dengan aplikasi itu sendiri.

Sinkronisasi iCloud Pada Aplikasi Pihak ketiga

Sebuat Tread di Forum Pengembang Apple telah menarik perhatian dan tanggapan dari ratusan pengembang. Masalahnya tampaknya berpusat pada teknologi CloudKit Apple, yang digunakan oleh pengembang untuk menyinkronkan konten pengguna di seluruh perangkat, mengenkripsi data yang disimpan dalam aplikasi, dan banyak lagi.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, inilah cara Apple menjelaskan CloudKit:

CloudKit dirancang untuk pengelolaan, fleksibilitas, dan kekuatan. Dengan mengatur aplikasi dalam wadah, CloudKit memastikan setiap aplikasi dibungkam sehingga datanya tidak terhubung dengan aplikasi lain. Basis data dan zona khusus juga memungkinkan Anda memisahkan informasi aplikasi dengan mudah menurut jenis atau fungsi akses. Dan bersama dengan kemampuan sinkronisasi dan berbagi yang efisien, CloudKit menyediakan serangkaian fitur komprehensif yang memungkinkan Anda mengembangkan aplikasi cloud yang kuat dengan mudah.

Aplikasi pencatat populer yakni GoodNotes telah menerbitkan artikel dukungan khusus yang membahas masalah ini. Perusahaan mengatakan bahwa beberapa pengguna GoodNotes melihat pesan kesalahan membaca “Layanan tidak tersedia” mengutip bahwa “Permintaan gagal dengan Kode Status HTTP 503.” Dalam kasus GoodNotes, masalah ini tampaknya memengaruhi sinkronisasi di seluruh gadget.

GoodNotes mengatakan bahwa masalah ini bukan yang pertama untuk aplikasinya, dan itu bekerja dengan Dukungan Teknis Apple:

HTTP 503 adalah kode kesalahan sementara (“Layanan tidak tersedia”) yang menunjukkan server iCloud tidak merespons dengan benar permintaan dari perangkat Anda. Kesalahan biasanya teratasi karena GoodNotes mencoba ulang secara otomatis, tetapi kami mendapatkan banyak laporan tentang kesalahan yang terus berlanjut, yang menyebabkan kegagalan sinkronisasi.

Masalah ganggaun sinkronisasi iCloud ini telah dilaporkant ke tim Dukungan Teknis Apple untuk diselidiki. Sepertinya itu juga terjadi pada aplikasi lain.

Sementara itu, Tapbots, perusahaan di balik Tweetbot populer untuk Twitter, bahkan telah menambahkan dasbor “Status Sinkronisasi” khusus di versi aplikasi terbaru. Pengembang Tapbots Paul Haddad menjelaskan di Twitter bahwa Tweetbot menambahkan opsi ini untuk “memberi pengguna beberapa wawasan tentang apa yang mungkin rusak” karena “iCloud secara konsisten tidak dapat diandalkan.”

Tapbots bukan satu-satunya tim pengembang yang melakukan ini, menandakan bahwa itu menjadi masalah yang semakin meluas. Quentin Zervaas, pengembang popular lain dari aplikasi Streaks juga berbicara tentang masalah ini di Twitter.

Mengutip masalah keandalan, James Thomson, pengembang aplikasi kalkulator populer PCalc, bahkan menonaktifkan sinkronisasi iCloud secara default dalam pembaruan terbaru:

Karena masalah iCloud yang sedang berlangsung, sinkronisasi iCloud untuk data pengguna dan tata letak telah dimatikan secara default. Anda masih dapat mengekspor dan mengimpor secara manual untuk menyinkronkan. Kami akan mengaktifkannya kembali saat Apple memperbaikinya.

Di blog mereka, Craig Grannell merinci masalah Sinkronisasi iCloud yang mengganggu sejumlah aplikasi termasuk Soulver, Transloader, dan banyak lagi.

Sekali lagi, Apple belum secara terbuka mengakui masalah ini, tetapi beberapa pengembang mengatakan bahwa mereka telah mendengar secara pribadi dari perusahaan bahwa mereka mengetahui masalah yang sedang berlangsung dan bekerja untuk memperbaikinya. Sementara itu, beban dukungan terutama jatuh pada pengembang pihak ketiga itu sendiri.

Masalah ini tampaknya telah berlangsung selama hampir satu tahun, tetapi telah menjadi jauh lebih buruk selama beberapa bulan terakhir. Eskalasi masalah inilah yang menyebabkan banyak pengembang mengambil tindakan sendiri dengan halaman status dalam aplikasi dan perubahan pengaturan.

Apple perlu mengatasi masalah ini secara publik dan lebih cepat daripada ditunda yang justru akan menambah masalah baru. Semakin lama masalah gangguan sinkronisasi iCloud ini (dan bahkan kehilangan data adalah beberapa contoh) berlanjut, semakin tidak percaya diri pengembang dan pengguna saat memutuskan apakah akan menggunakan iCloud di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.