8 Fitur Tersembunyi iOS 15 Yang Harus Diketahui Pengguna iPhone

8 fitur tersembunyi iOS 15 yang harus diketahui setiap pengguna iPhone

Berryphones.com – Jika Anda telah memperbarui OS iPhone baru-baru ini, Anda mungkin telah memahami dengan baik 8 fitur tersembunyi iOS 15 seperti SharePlay, yang memungkinkan Anda menonton film, mendengarkan musik, dan menjelajahi web dengan teman dan keluarga melalui FaceTime. Ada juga Fokus, yang membungkam notifikasi dan menyembunyikan gangguan untuk membantu Anda lebih fokus dengan aktivitas saat ini.

Namun, tidak semua fitur baru terbaik di iOS 15 terlihat jelas karena ada banyak yang tersembunyi. Bahkan bisa jadi itu merupakan fitur terbaik yang memang Anda perlukan.

8 Fitur Tersembunyi iOS 15

Pada kesempatan ini, kami akan memandu Anda melalui beberapa fitur yang kurang dikenal di iOS 15, termasuk cara menggunakan kamera Anda untuk memindai teks secara langsung, memindahkan bilah alamat di Safari kembali ke tempat semula dan drag and drop foto dan file lainnya antar aplikasi.

Gunakan Kamera iPhone Anda Untuk Memindai Teks

Fitur tersembunyi iOS 15 yang pertama yaitu pemindai teks atau convert gambar ke teks. Pernahkah Anda berharap dengan hanya mengarahkan kamera iPhone Anda ke selembar kertas dan membuatnya secara otomatis mengidentifikasi dan kemudian menyalin teks ke dalam email atau dokumen? Dengan iOS 15, itu mungkin dan sangat keren.

Gunakan Kamera iPhone Anda Untuk Memindai Teks

Untuk menggunakan alat “pindai teks” iPhone yang baru, tekan lama di dalam bidang teks seolah-olah Anda akan menggunakan perintah salin dan tempel. Hanya saja, Anda sekarang akan melihat tombol Pindai Teks. Anda mungkin juga melihat tombol yang hanya menggunakan ikon pindai, yang terlihat seperti selembar kertas dengan tanda kurung di sekelilingnya.

Ketuk tombol, yang akan menggantikan keyboard Anda dengan area fokus kamera iPhone Anda. Arahkan kamera Anda ke apa pun yang ingin Anda pindai, lalu ikuti petunjuk di layar. Misalnya, jika Anda menggerakkan kamera terlalu cepat, Anda akan melihat pesan “Perlambat” di layar.

Saat Anda mengatur kamera dan teks dengan tepat, Anda akan melihat pratinjau langsung dari teks yang diidentifikasi iPhone Anda dan siap untuk ditempatkan di dokumen Anda. Ketuk tombol Sisipkan saat Anda siap.

Ini adalah cara yang rapi dan mudah untuk dengan cepat memindai alamat email pada kartu nama, nomor telepon pada tanda atau, seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di atas, memindai bagian belakang buku dan memasukkannya sebagai satu blok teks raksasa .

Terjemahkan Teks Dari Mana Saja di iPhone Anda

Apple memperkenalkan kembali aplikasi Terjemahan dengan iOS 14, dan meskipun hanya dapat menerjemahkan ke dan dari 11 bahasa (menurut saya sangat terbatas), fitur tersebut telah meningkat dengan diperkenalkannya iOS 15 dan ini merupakan salah satu fitur tersembuny iOS 15 juga.

Terjemahkan Teks Dari Mana Saja di iPhone Anda

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi Terjemahan mandiri, Anda dapat menyorot teks apa pun di iPhone dan menerjemahkannya. Jika Anda menekan teks untuk menyorotnya, Anda akan melihat alat pengeditan yang biasa Anda lihat. Namun, jika Anda mengetuk panah di sebelah kanan, Anda akan melihat opsi Terjemahkan.

Sebuah jendela akan muncul di bagian bawah layar, yang dapat Anda geser ke atas, menunjukkan kata atau kata-kata yang telah Anda soroti dan terjemahannya. Anda dapat memilih bahasa yang akan diterjemahkan termasuk bahasa Cina, Prancis, Jerman, Korea, dan Spanyol. Anda juga dapat mendengarkan terjemahan, mengganti kata yang disorot dengan terjemahan dan menyalin terjemahan ke clipboard Anda.

Kirim Data iCloud Anda Ke Orang Lain Jika Anda Meninggal

Foto, pesan, catatan, kata sandi, dan informasi penting lainnya tidak harus dikunci selamanya jika Anda meninggal dan tidak ada yang memiliki akses ke iPhone Anda. Sebuah fitur baru di iOS 15 (Legacy Contact) memungkinkan Anda memilih kontak apa pun yang tersimpan di ponsel Anda dan memberi mereka akses ke data iCloud Anda setelah Anda meninggal.

Kirim Data iCloud Anda Ke Orang Lain Jika Anda Meninggal

Untuk mengatur Kontak Lama Anda, buka Pengaturan > ketuk nama Anda > pilih Kata Sandi & Keamanan > Kontak Lama. Selanjutnya, ketuk Tambahkan Kontak Lama (dua kali), masukkan kredensial Anda dan pilih seseorang dari kontak Anda. Apple akan membuat kunci akses, yang akan dibutuhkan kontak Anda untuk mengakses data Anda.

Catatan: Fitur ini ada di iOS 15.2, yang saat ini hanya tersedia untuk pengembang.

Peringatan Curah Hujan Realtime Dari Aplikasi Cuaca

Saat Apple membeli aplikasi cuaca populer Dark Sky, kami langsung berharap aplikasi cuaca resmi iPhone akan mendapatkan peringatan hujan secara riletime yang kami andalkan untuk membuat kami tidak kehujanan. Peringatan tersebut mulai tersedia di iOS 15.

Setelah menjalankan iOS 15, Anda dapat mengaktifkan peringatan curah hujan baru dengan membuka aplikasi Cuaca, lalu mengetuk ikon tiga garis di sudut kanan bawah layar. Selanjutnya, ketuk ikon lingkaran dengan tiga titik di sudut kanan atas layar diikuti oleh Notifikasi.

Peringatan Curah Hujan Realtime Dari Aplikasi Cuaca

Geser pengalih di sebelah Lokasiku ke posisi Aktif, lalu ketuk Selesai. Jika Anda memiliki lebih banyak kota yang ditambahkan ke aplikasi Cuaca, Anda dapat mengaktifkan peringatan untuk setiap kota.

Saat hujan atau mendung semakin dekat dengan Anda, iPhone Anda akan memberi tahu Anda beberapa menit sebelum itu terjadi. Anda juga akan menerima peringatan lain saat hujan hampir selesai.

Drag and Drop Antar Aplikasi di iPhone

IPad telah lama memungkinkan Anda menyeret dan melepaskan dokumen, teks, atau gambar antar aplikasi. Dan sekarang giliran iPhone. Jika Anda bolak-balik antara Pesan dan Foto untuk berbagi gambar dengan teman-teman, misalnya, Anda sekarang dapat menyeretnya dari aplikasi Foto ke aplikasi Pesan.

Untuk menguji fitur baru, buka aplikasi Foto dan lihat foto terbaru Anda. Jangan mengetuk gambar untuk membukanya dalam layar penuh; sebagai gantinya, letakkan jari pada foto dan mulai seret jari Anda melintasi layar. Tanpa mengangkat jari Anda saat gambar mini mulai melayang di atas foto lainnya, beralih kembali ke aplikasi Pesan.

Anda akan melihat lingkaran hijau dengan tanda plus di gambar mini yang menunjukkan bahwa Anda dapat mengangkat jari Anda dan foto akan ditempatkan di bidang teks, siap untuk Anda kirim.

Cukup mudah, bukan? Anda dapat menggunakan teknik yang sama untuk melampirkan dokumen dari aplikasi File ke email.

Informasi Detail Tentang Foto Anda

Saya selalu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga jika saya ingin melihat detail yang lebih baik yang disimpan dalam data EXIF ​​tentang foto yang saya kirim atau ambil sendiri. Sekarang setiap kali Anda melihat foto di aplikasi Foto, Anda dapat menggeseknya untuk membuka tampilan informasi yang akan merinci dari mana Anda menyimpan foto, serta semua informasi EXIF ​​seperti kecepatan rana, lokasi, dan kamera yang digunakan.

Informasi Detail Tentang Foto Anda

Informasi tambahan adalah tambahan yang disambut baik bahkan jika Anda tidak peduli dengan semua detail yang lebih baik. Paling tidak, dapat melihat dari mana Anda menyimpan gambar (termasuk siapa yang mengirimkannya kepada Anda) sudah cukup.

Pindahkan Browser Safari Kembali Ke Bagian Atas Layar Anda

Apple telah membuat banyak perubahan pada Safari untuk iPhone dan iPad. Salah satu perubahan besar yang akan Anda lihat setelah menginstal pembaruan pada iPhone Anda adalah bahwa browser atau bilah alamat dengan semua fungsi yang disertakan telah dipindahkan ke bagian bawah layar.

Pindahkan Browser Safari Kembali Ke Bagian Atas Layar Anda

Tujuannya adalah dengan memindahkan browser ke bawah, lebih mudah untuk browsing dan menjelajahi web karena semua tombol lebih dekat ke ibu jari Anda, tetapi perubahan itu tidak ideal untuk semua orang. Dan Apple memberi Anda pilihan dalam masalah ini dengan mengizinkan Anda memindahkan browser kembali ke bagian atas layar.

Saat menggunakan Safari di iPhone Anda, ketuk tombol Aa di bilah alamat (jangan tekan lama, cukup ketuk saja). Di bagian atas menu yang muncul, Anda akan melihat opsi baru berlabel Show Top Address Bar. Ketuk untuk memindahkan bilah alamat ke atas.

Ubah ukuran teks yang digunakan di aplikasi tertentu

Saat ini, Anda dapat mengubah ukuran font seluruh sistem agar sesuai dengan preferensi Anda. Tetapi dengan iOS 15, ada fitur tersembunyi iOS 15 yang berupa alat baru yang memungkinkan Anda mengubah ukuran font berdasarkan aplikasi demi aplikasi. Itu berarti misalnya Anda dapat memiliki aplikasi Mail dan Twitter dalam ukuran font yang berbeda.

Ubah ukuran teks yang digunakan di aplikasi tertentu

Untuk menggunakan fitur baru, buka aplikasi Pengaturan, lalu buka Pusat Kontrol dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi berlabel Ukuran Teks dengan mengetuk tanda plus hijau.

Saat Anda membuka aplikasi dan ingin menyesuaikan ukuran teks, buka Pusat Kontrol (geser ke bawah dari sudut kanan atas layar pada iPhone yang memiliki ID Wajah, atau ke atas dari bagian bawah layar pada iPhone dengan Touch ID) dan ketuk tombol Ukuran Teks. Geser tombol di bagian bawah layar ke sisi kiri sakelar untuk menunjukkan bahwa Anda hanya ingin perubahan diterapkan ke aplikasi yang sedang Anda gunakan, lalu sesuaikan ukuran font ke atas atau ke bawah.

Jika Anda belum mendapatkan iOS 15, berikut adalah panduan sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengunduh sistem operasi seluler terbaru di iPhone Anda. Anda juga dapat melihat ulasan kami di iOS 15, yang mencakup banyak fitur baru utama.