Perbedaan Mendasar Android Lollipop dan Kitkat

Beda Lollipop dan Kitkat

Perbedaan Antara Android Lollipop dan Kitkat memang sangat banyak dan akan kita bahas secara detail dan mendasar dalam kesempatan kali ini. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak perdebatan mengenai apa sebutan untuk versi baru dari Android beberapa waktu lalu. Apakah dengan sebutan  “Lemon Meringue” dan bahkan yang lebih kontroversial “Licorice” menjadi perbincangan bagi banyak kalangan di negara Eropa.

Dan seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada akhirnya nama Lollipop menjadi pemenang sebagai nama terbaru dari OS Android ini yang telah diungkapkan dan diluncurkan pada bulan lalu (Beberapa fitur lainnya telah www.BerryPhones.com bahas pada artikel disini). Lantas apa saja perbedaan diantara OS ini dengan versi sebelumnya dan apa daja perbaikan dan juga fitur baru lainnya yang disematkan pada OS Lollipop.

Material

Android Lollipop adalah perubahan terbesar untuk OS Android dalam beberapa waktu, akhirnya OS Google pun menunjuk pada sebuah bilangan bulat untuk versi 5.0. Ini dikemas dengan perubahan, tapi perbaikan yang paling jelas adalah visual.

Google telah bekerja untuk mendapatkan “Material Design” baru di dunia selama berbulan-bulan, dan Lollipop adalah puncaknya. Salah satu kegagalan Android terbesar yang up to date – termasuk dengan KitKat – bahwa bahasa desain tidak pernah merasa bersatu, dan dengan Desain Bahan terbaru, Google berharap untuk memperbaikinya.

Estetika ini dimaksudkan untuk melihat datar dan 3D, seperti jika Anda mulai pada kertas animasi yang ada pada sumbu z serta x dan y.

Desain Bahan mencerminkan hal ini dengan, garis-garis tebal bersih dan warna yang mengubah dengan animasi menyenangkan. Yang terbaik itu memungkinkan Anda merasakan kedalaman di belakang antarmuka, bahkan ketika itu saat standby.

Hal ini meluas dari ikon aplikasi, font dan interface untuk elemen sederhana seperti tombol navigasi baru dan bar ikon pemberitahuan, dan juga setelah Anda melewati perubahan Anda mungkin akan setuju bahwa kebanyakan beberapa hal terlihat lebih baik sekarang.

Perubahan pada antarmuka Android dengan Lollipop tidak semua visual, baik – perintah suara dengan “OK Google” yang lebih menonjol sekarang juga, dan bahkan dapat digunakan ketika layar terkunci pada beberapa perangkat, dan ada perbaikan besar-besaran pada notification.

Pemberitahuan (Notification)

Pemberitahuan adalah salah satu cara yang paling menonjol bagi kita berinteraksi dengan hanphone Anda, dan mereka telah dirombak secara signifikan pada Android Lollipop.

OS lockscreen tidak lagi menjadi penghalang statis yang harus Anda lewati sebelum Anda dapat mencapai fungsi ponsel Anda, tetapi sekarang memiliki banyak unsur panel notifikasi KitKat dan ditambah lagi dengan interaktivitas.

Dalam Lollipop Anda dapat melihat apa pemberitahuan yang Anda terima dan apa yang terjadi dengan aplikasi Anda dan kontak segera setelah Anda mengambilnya, bahkan sebelum Anda membuka kunci perangkat Anda – dan Anda bahkan dapat menanggapi pesan dari lockscreen.

Cara Anda melihat pemberitahuan berubah juga – notofication yang sekarang mamng lebih kaya, deskriptif, dan interaktif akan muncul di atas apa yang Anda lakukan tanpa mengganggu, sehingga Anda dapat menolak panggilan atau membaca pesan tanpa berhenti ketika Anda sedang memaikan sebuah Game atau permainan atau apa pun. Beberapa fungsi ini hadir di KitKat, tapi itu setengah matang dan tidak konsisten.

Android Lollipop juga dibekali dengan mode  “Don’t Disturb” ala iOS , dan pada Android KitKat dan versi sebelumnya sangat kurang. Anda dapat menggunakannya untuk membungkam ponsel terus berdring dan mengganggu Anda selama jam tertentu atau, yang lebih penting, hanya membiarkan pemberitahuan dari sumber tertentu datang.

Itu sangat berguna jika Anda tidak ingin diganggu oleh email spam sepanjang malam atau bahkan nomer nomer yang kurang Anda sukai, tetapi ingin dapat dibangunkan dalam keadaan darurat.

Bar Pengaturan cepat  Lollipop juga memiliki pilihan baru yang pada pengguna KitKat sangat dibutuhkan, seperti tombol mudah untuk senter, hotspot, dan screencasting. Wi-Fi, Bluetooth dan pilihan lokasi telah diperluas di sini juga.

Konektivitas dan API

Dengan Android Lollipop, Google membuat konektivitas fokus yang besar – tidak hanya antara handset yang berbeda, tapi di antara kelas yang berbeda dari hanphone Anda. Misalnya Android TV kini dibangun langsung ke Android Lollipop, membantu Anda dengan mudah menavigasi layar besar dengan perintah smartwatch suara, gerak tubuh telepon, dan banyak lagi.

Itu hanya sebagian dari fitur, tetapi itu berarti pengalaman Android Anda akan konsisten di seluruh smartphone, tablet, TV, smartwatches, dan banyak lagi. Setidaknya, itulah harapan Google.

Google juga ingin aplikasi Lollipop dapat berkomunikasi dengan satu sama lain lebih dari yang KitKat bisa lajukan tentunya. Contoh sederhana, seperti menekan link di Chrome dan terbuka di aplikasi tertentu, bukan membawa Anda ke situs web seluler.  Hal ini tergantung sedikit pada pengembang aplikasi dalam mengambil keuntungan dari 5.000 API baru Lollipop. Ini akan membuat OS Android baru yang lebih fleksibel dari waktu ke waktu, meskipun kehadiran mereka mungkin tidak akan terlihat bagi pengguna akhir pada awalnya.

Google mengatakan Lollipop juga lebih baik pada konektifitas dengan Bluetooth dan Wi-Fi. Misalnya perangkat Lollipop tidak akan terhubung ke jaringan Wi-Fi kecuali mereka dapat memferivikasi ada koneksi yang sebenarnya di sana – jadi tidak seperti dengan KitKat, Anda tidak akan bingung bertanya-tanya mengapa Anda tiba-tiba tidak memiliki data karena gadget Anda memutuskan untuk terhubung dengan jaringan.

Segar bugar

Android Lollipop memiliki beberapa fitur keamanan baru juga, seperti kemampuan untuk mengatur geografis “zona aman” di mana perangkat Anda tidak akan memerlukan PIN untuk membuka.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan perangkat Bluetooth tertentu, seperti Android Wear smartwatches, dimana ponsel atau tablet akan merasakan secara otomatis dan mematikan hambatan keamanan.

Dan meskipun semua perubahan pemberitahuan yang memungkinkan Anda lihat dan berinteraksi dengan mereka tanpa membuka telepon Anda, Android 5.0 juga memiliki pengaturan baru yang memungkinkan Anda menyembunyikan informasi sensitif di mana saja ada kemungkinan muncul.

Lollipop juga memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap kerentanan dan malware berkat SELinux untuk semua aplikasi, dan enkripsi diaktifkan secara default pada semua perangkat Lollipop.

Dan profil beberapa pengguna pada satu perangkat, termasuk profil tamu sementara, membuatnya lebih mudah untuk berbagi ponsel Anda dengan orang lain sambil tetap mempertahankan kontrol atas barang-barang Anda sendiri.

Prestasi

Google dilaporkan juga menempatkan banyak pekerjaan untuk membuat Android Lollipop berjalan lebih baik. KitKat opsional ART runtime sekarang standar untuk Android Lollipop, dan Google mengatakan akan membantu membuat Lollipop berjalan lebih cepat, lebih efisien dan dengan lebih sedikit bug.

Yang tidak akan membahayakan kompatibilitas aplikasi Android, tetapi Google telah membiarkan bukti masa depan Android lebih lanjut terhadap serangan tak terelakkan dari smartphone 64-bit yang datang dalam waktu dekat.

Ponsel ini akan memiliki RAM lebih dari ponsel yang ada pada KitKat dan sistem operasi lain, yang merupakan keuntungan besar yang hanya dapat dinikmati pada generasi handset Lollipop.  Untuk saat ini, meskipun, Google mengatakan Android 5.0 adalah cara yang lebih hemat listrik lebih dari pendahulunya, dengan ponsel yang sama mendapatkan lebih banyak daya baterai secara signifikan dari Lollipop daripada yang mereka lakukan dengan KitKat.

Multitasking juga telah diperbarui dengan kemampuan untuk memiliki beberapa kartu untuk aplikasi yang sama terbuka pada suatu waktu, misalnya menjadikan Anda memiliki lebih dari satu dokumen atau situs web di samping satu sama lain. Ini juga lebih mudah untuk beralih keyboard sekarang juga, dan Android Lollipop bahkan mendukung gambar RAW.

Ketersediaan

Android Lollipop memiliki jumlah tak terhitung dalam perbaikan kecil lainnya selama KitKat dan versi Android di masa lalu lainnya (seperti yang bisa Anda baca disini), dari opsi aksesibilitas yang lebih besar dan lebih mudah set-up untuk meningkatkan kemampuan grafis.

Banyak dari perubahan ini tidak akan terlihat sampai telepon dan tablet hardware membaik, tapi itu tidak berarti Anda ingin menunggu sampai saat itu sebelum Anda meng-upgrade. Untungnya Android 5.0 Lollipop mulai dipasarkan pada akhir Oktober dan awal November. Dan buat Anda yang ingine mengetahui bagaimana perbandingan Antara iOs dan Lolipop, Anda bisa membaca selebihnya pada artikel kami berjudul Perbandingan Android dan iOS yang tekah kita bahas sebelumnya.

You must be logged in to post a comment Login