Mengenal Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop

sitem operasi android 5.0 lollipop

Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop terbaru telah resmi diluncurkan. Hal ini mengingat pesaing terberatnya, yakni Apple juga telah meluncurkan versi OS terbarunya iOS 8.02 update dari versi sebelumnya yang beberapa mengalami Bug. Lantas apa saja keunggulan dan fitur terbaru yang diusung oleh Android Lollipop ini sendiri?

Dari data yang www.berryphones.Com terima, Rilis ini dikemas dengan fitur baru bagi pengguna dan ribuan API baru untuk para pengembang. Ini tidak hanya sekedar sebuah sitem operasi dari Android, dari pernyataan yang di ulas di situs resminya di www.developer.android.com, sistem terbaru ini  lebih dari ponsel, tablet, dan Produk pakaian, untuk TV dan mobil.

Desain Material

Android 5.0 membawa Bahan desain untuk Android dan memberikan Anda sebuah UI toolkit yang diperluas untuk mengintegrasikan pola desain baru dengan mudah dalam aplikasi Anda. New views 3D memungkinkan Anda mengatur level A –  Z untuk meningkatkan unsur-unsur “off” dari tampilan hirarki dan membuang bayangan realtime , bahkan ketika mereka bergerak.

Built-in transisi aktivitas dengan mulus dapat membawa para pengguna dari satu negara ke yang lain dengan gerakan animasi yang indah. Bahan tema menambahkan transisi untuk kegiatan Anda, termasuk kemampuan untuk menggunakan elemen-elemen visual bersama diseluruh kegiatan. Animasi Ripple tersedia juga ditombol, kotak centang, dan kontrol sentuh lainnya di app. Sebuah jalur sistem pengolahan baru yang dikelola yang disebut RenderThread membuat animasi lebih halus bahkan ketika ada keterlambatan di thread UI utama.

Kinerja Android 5 Lollipop

Android 5.0 memberikan pengalaman komputasi yang lebih cepat lebih cepat dan lebih kuat. Android sekarang berjalan secara eksklusif pada runtime ART baru, dibangun dari bawah ke atas untuk mendukung campuran A head-of-Time (AOT), just-in-time (JIT), dan kode yang diinterpretasikan. Ini didukung pada ARM, x86, dan arsitektur MIPS dan kompatibel pada 64-bit.

ART meningkatkan kinerja aplikasi dan responsif. Pengumpulan Efisien reduce mengurangi jumlah dan durasi jeda untuk acara GC, yang cocok nyaman dalam jendela v-sync sehingga aplikasi Anda tidak melewatkan frame. ART juga mendukung memori dinamis untuk mengoptimalkan kinerja dalam penggunaan foreground.

Android 5.0 memperkenalkan dukungan platform untuk arsitektur 64-bit – dengan Nexus 9 NVIDIA Tegra K1. Optimasi menyediakan ruang alamat yang lebih besar dan peningkatan kinerja untuk beban kerja komputasi tertentu. Aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java dijalankan sebagai aplikasi 64-bit secara otomatis – tidak ada modifikasi yang diperlukan. Jika aplikasi Anda menggunakan kode asli, sitem ini telah memperpanjang NDK untuk mendukung ABI baru untuk ARM v8, dan x86-64, dan MIPS-64.

Melanjutkan fokus pada kinerja yang halus, Android 5.0 menawarkan peningkatan A / V sync. Audio dan grafis telah diinstrumentasi untuk cap waktu lebih akurat, yang memungkinkan aplikasi video dan game untuk menampilkan konten disinkronkan halus.

Audio Lebih Powerfull

Sebuah desain audio capture baru menawarkan input audio low-latency . Desain baru meliputi: capture cepat yang tidak pernah diblok kecuali selama membaca; track capture cepat pada tingkat sampel asli, jumlah saluran, dan kedalaman bit. Multi-channel audio stream mixing memungkinkan aplikasi audio profesional untuk mencampur hingga delapan saluran termasuk 5.1 dan 7.1 channel.

Aplikasi dapat mengekspos konten media dan mencari isi media dari aplikasi lain, kemudian meminta untuk memutarnya. Aplikasi memiliki kontrol yang lebih baik atas sintesis text-to-speech melalui profil suara yang berhubungan dengan lokasi tertentu, kualitas dan rating. API baru juga meningkatkan dukungan untuk memeriksa sintesis error, sintesis jaringan, penemuan bahasa, dan jaringan fallback.

Android sekarang termasuk dukungan untuk standar USB audio peripheral, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan headset USB, speaker, mikrofon, atau periferal digital kinerja tinggi lainnya. Android 5.0 Lollipop juga menambahkan dukungan untuk Opus codec audio.

New MediaSession API untuk mengendalikan pemutaran media sekarang membuat lebih mudah untuk memberikan kontrol media konsisten di seluruh layar dan pengendali lainnya.

Peningkatan Kualitas Video & Camera

Android 5.0 memperkenalkan API kamera baru yang memungkinkan Anda menangkap format baku seperti YUV dan Bayer RAW, dan parameter kontrol seperti waktu pemaparan, sensitivitas ISO, dan durasi bingkai pada basis per-frame. Kamera sepenuhnya disinkronkan yang memungkinkan Anda untuk menangkap resolusi penuh gambar YUV yang terkompresi pada 30 FPS pada perangkat yang didukung.

Seiring dengan gambar, Anda juga dapat menangkap metadata seperti model kebisingan dan informasi optik dari kamera. Aplikasi mengirim video stream melalui jaringan dan sekarang dapat mengambil keuntungan dari H.265 High Efficiency Video Coding (HEVC) untuk encoding dan decoding dioptimalkan pada video data.

Android 5.0 juga menambahkan dukungan untuk tunneling multimedia untuk memberikan pengalaman terbaik bagi definisi kontent ultra-tinggi (4K) dan kemampuan untuk memutar audio terkompresi dan data video secara bersama-sama.

Crome Webview

Rilis awal untuk Android 5.0 Lollipop mencakup versi Chrome untuk WebView berdasarkan rilis Chromium M37, menambahkan dukungan untuk WebRTC , WebAudio , dan WebGL . Meskipun WebView telah didasarkan pada Chromium sejak Android 4.4, lapisan Chromium sekarang diupdate dari Google Play.

Sebagai versi baru dari Chromium menjadi tersedia, pengguna dapat memperbarui dari Google Play untuk memastikan mereka mendapatkan tambahan terbaru dan perbaikan bug untuk WebView, menyediakan API web terbaru dan perbaikan bug untuk aplikasi menggunakan WebView pada Android 5.0 dan lebih tinggi. Selain itu ada penambahan sensor jenis baru juga pada Lollipop ini, yakni detektor tilt sensor membantu meningkatkan pengakuan aktivitas di perangkat yang didukung, dan sensor denyut jantung yang memberikan laporan denyut jantung orang yang menyentuh perangkat.

Konektivitas Yang Lebih Canggih

Android 5.0 Lollipop menambahkan API baru yang memungkinkan aplikasi untuk melakukan operasi bersamaan dengan Bluetooth Low Energy (BLE), sehingga memudahkan kedua pemindaian (mode pusat) dan iklan (mode perifer).

Multi-jaringan yang baru fitur ini memungkinkan aplikasi untuk mencari jaringan yang tersedia dan untuk fitur yang tersedia seperti  Wi-Fi, telepon seluler, meteran, atau menyediakan fitur jaringan tertentu. Kemudian aplikasi dapat meminta koneksi dan menanggapi hilangnya konektivitas atau perubahan jaringan lainnya.

NFC API sekarang memungkinkan aplikasi untuk mendaftarkan ID aplikasi NFC (AID) secara dinamis. Mereka juga dapat mengatur layanan emulasi dan membuat catatan NDEF yang mengandung data teks UTF-8.

Aplikasi TV di Layar

Android TV menyediakan platform TV lengkap untuk pengalaman layar besar pada aplikasi Anda. Android TV ini berpusat di sekitar home screen yang memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dengan mudah, dengan rekomendasi pribadi dan pencarian suara.

Bagi para developer, Dengan Android TV kini Anda dapat membuat aplikasi atau konten game dan dukungan Anda interaksi dengan kontroler game dan perangkat input lainnya.

Android TV Input Framework (TIF) memungkinkan aplikasi TV untuk menangani video stream dari sumber seperti input HDMI, TV tuner, dan penerima IPTV. Hal ini juga memungkinkan pencarian TV live dan rekomendasi melalui metadata yang diterbitkan oleh input TV dan termasuk HDMI-CEC Service Control untuk menangani beberapa perangkat dengan satu remote.

Kerangka TV input menyediakan akses ke berbagai sumber input TV live dan membawa mereka bersama-sama dalam satu antarmuka bagi pengguna untuk mencari, melihat, dan menikmati konten. Membangun layanan input TV untuk konten Anda dapat membantu membuat konten Anda lebih mudah diakses pada perangkat TV.

Selain beberapa fitur baru pada Android 5.0 Lollipop yang telah disebutkan diatas, masih ada banyak lagi fitur fitur lain yang akan semakin memanjakan Anda dan juga pihak pengembang untuk terus membuat aplikasi aplikasi canggih bagi konsumen.

You must be logged in to post a comment Login